29 Januari 2017

Stadion Baru "Antara Jumlah penonton dan suasana baru"


Di musim 2016/2017 Premier League punya branding baru dengan tidak bekerjasama lagi dengan Barclays, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Premier league sepertinya ingin para pemain premier league terjauh dari penghasilan riba. Dan di logo premier league pun mengalami perubahan yang signifikan dengan tidak mengikut sertakan badan singa mungkin badanya sedang cidera. Logo premier league kini telihat simple dan modern.

Selain perubahan brand, yang menarik adalah berpindahnya kandang West Ham United club legendaris asal inggris yang tidah pernah menjuarai Piala President. West Ham United di musim 2016/2017 akhirnya berganti stadion dari


Boleyn Ground/upton park ke London Stadium, london Stadium bukanlah stadion yang benar-benar baru, yang baru dibuka dari plastiknya, London stadium sejatinya ditujukan untuk menggelar Olimpiade 2012 saat inggris menjadi tuan rumah pesta olah raga terbesar di dunia. Karna gelaran olimpiade yang hanya berjalan 1 bulan lebih dan dari 2012 sampe dengan 2016 kayaknya jarang di gunakan akhirnya di jadikan kandang oleh west ham united. Tapi sebelum sah di kandangi oleh West Ham, tottenham Hotspur salah satu tim papan atas (kalau mainya di liga super indonesia) ingin juga menjadikan London Stadium menjadi kandangnya. Namun London Legacy Development Corporation (LLDC) memutuskan west Ham lah yang berhak menempati London Stadium setelah west ham mengalahkan Tottenham Hotspur maen PES.



Semenjak menempati London Stadium, West Ham justru bermain jeblok mereka sempat menempati peringkat ke-17 klasement Premier League. Ini yang sering dialami oleh club-club sepakbola yang berganti stadion mengalami penurunan performa dimusim pertamanya di stadion baru. sebelumnya Arsenal pernah mengalaminya dimana mereka harus berganti kandang dari Stadion Highbury ke Emirate Stadion semenjak pindah ke Emirate Stadion Arsenal masih belum bisa menjuarai lagi Premier League, bangkah sampai 9 tahun menunggu. Arsenal baru bisa kembali lagi mengangkat piala kembali itu pun FA CUP di tahun 2014 padahal kalau Arsenal main di liga super india mungkin gakan selama itu. Pindah stadion memang hal yang bagus bagi club dengan pindah club bisa menambah jumlah penonton, memperbarui Fasilitas/mengadakan fasilitas yang belum ada di stadion lama. tapi yang paling krusial dari perpindahan itu adalah merelakan Atmosfir penonton berubah di stadion baru. saat saya menonton pertandingan West Ham VS Arsenal bagaimana menariknya kemenangan Arsenal 5-1 atas west Ham namun pertandingan tersebuh serasa ada yang kurang bagaimana atmosfir pertandingan agak membosankan dengan kurang yuporianya para penonton di stadion seperti ada yang hilang dari mereka (kalau dari sisi pandang penonton di TV)

Liga inggris memang punya ciri khas sendiri yang membuat mereka menarik, selain club-club kaya raya yang baru bermunculan seperti Manchester City & Chelsea. Pemain-pemain berkelas yang bermain di setiap tim nya. Ketatnya perebutan singgasana juara. Histori masing-masing clubnya. Tapi bukan cuman itu ciri khas lain yang membuat liga inggris itu beda adalah Stadion-stadion di inggris yang begitu artistik bagunan2 khas ingris yang di aplikasikan di setiap stadion seperti old trafford setiap mendengar stadion old trafford yang saya ingat adalah dinding batu bata merah di bens pemain yang mencirikan bangunan khas inggris. Tapi yang paling mencolok adalah bagaimana begitu dekatnya tribun penonton dengan lapangan, penonton hanyak berjarak beberapa meter dari pemain dan kita bisa membayangkan bagaimana perasaan penjaga gawang lawan yang dibelakangnya pendukung tim lawan, hanya kiper-kiper liga inggris yang pernah merasakan diomongin dari belakang tapi dia tau. Mungkin karna itu penyebab utama hilangnya atmosfir di stadion baru west ham. Karna di kandang west ham yang baru london stadium mempunyai lintasan lari yang memisahkan tribun penonton dengan lapangan cukup jauh. London stadium sama sekali tidak mencirikan ciri khas stadion-stadion sepakbola inggris, london stadion cenderung seperti stadion-stadion standar lainnya yang menurut saya cukup menjauhkan kultur stadion khas inggris. Mempunyai stadion baru itu bagus banyak manfaatnya tapi kehilangan atmofirnya nampaknya kurang nyaman, kayak udah pacaran lama tiba-tiba dia berubah, berubah jadi power ranger pink padalah dia cowok.

Kabarnya bukan cuman West Ham yang pindah kandang Tottenham Hospur, Chelsea olivia dan chelsea islan di kabarnya akan pindah juga namun hanya untuk semetara saja. Tottenham berencana akan merenovasi stadion White Heart Lane dan Chelsea merenovasi Stamford Bridge mereka sama-sama akan mengunakan stadion wembley untuk sementara. Ya semoga stadion-stadion baru nanti tidak terlalu banyak merubah ciri khas nya. Penonton adalah pemain kedua belas ya kontribusi paling efektif buat tim dari pendukungnya ya dengan menggangu keeper lawang dari belankang “cie abang kiper sendirian aja kita punya tebak-tebakan nih bang, kiper-kiper apa yang nyesel ? -kiperawanannya ilang-