27 Desember 2016

Purwatawa Study Tour, Serius Berbagi Dalam Bercanda

Pendidikan formal atau sekolah adalah modal dasar untuk seseorang memperkaya pengetahuanya, namun bukan berarti pengetahuan hanya didapat di sekolah saja, semakin banyak pengetahuan maka semakin mudah untuk kita melakukan segala hal. Banyak sekali cara untuk kita bisa menambah pengetahuan, dan pengetahuan pun tak melulu harus didapat dengan cara duduk rapih di depan meja memperhatikan guru di depan kelas, dengan bersikap open minded dan positif thinking menjadi modal awal pengetahuan bisa masuk ke otak dan menyatu dengan beragam pengetahuan lain di kepala, yang kelak menghasilkan ide-ide unik untuk membantu kita bersosialisasi atau menjalani kehidupan di dunia yang sudah terlalu tua dan terlanjur serius ini.

Yang jadi kendala pada remaja masa kini adalah bukan kurangnya pendidikan namun minimnya rasa percaya diri, lebih memilih diam dari pada bicara tapi di bully. Ketakutan yang berlebihan membuat seseorang tak jujur pada dirinya sendiri. Ketidak jujuran itu yang membuatnya enggan berkomentar, malu bertanya, takut menolak, takut mengeluarkan opini, akhirnya menerima sesuatu yang pada dasarnya tidak sejalan dengan apa yang dia mau.

Kami selaku komunitas Stand Up Comedy Purwakarta, salah satu komunitas kecil dari banyaknya komunitas Stand Up Comedy di Indonesia, untuk yang ke dua kalinya berhasil menyelenggarakan acara Purwatawa Study Tour. Sebuah acara yang muncul karena keresahan akan krisis rasa percaya diri pada anak masa kini.

Acara Purwatawa Study Tour sendiri diisi dengan komika-komika local, dengan konsep yang sederhana, Alhamdulillah mendapat antusias yang luar biasa, baik dari pihak sekolah atau murid-murid yang ada di sekoalah tersebut.

Purwatawa Study Tour 1 yang di mulai pada tanggal 15 Desember 2015 sampai 07 Maret 2016 berhasil masuk ke 10 Sekolah Menengah Atas yang ada di Purwakarta, sedangkan di Purwatawa Study Tour 2 kali ini, yang mulai berjalan disekolah pertama pada tanggal 03 September 2016, sukses memecahkan kurang lebih 12 SMA dan SMK yang ada di Purwakarta Jawa Barat. Ini merupakan salah satu pencapaian yang cuku baik, karena tidak mudah untuk kami bisa masuk ke setiap sekolah, mengingat komunitas kami hanya satu dari sekian banyaknya komunitas yang ada di kota Purwakarta.

Ada pun beberapa rangkaian kegiatan yang ada dalam Purwatawa Study Tour, seperti Choacing clinic, Open mic dari anak komunitas, juga dari siswa yang ada di sekolah tersebut, dilanjut pada penampilan Guest Stars dan yang terakhir Musikalisasi Puisi Comedy dari teman kita yang menyebut diri mereka sebagai @SemalamSuntuk.










Tujuan Purwatawa Study Tour ini adalah untuk berbagi. Berbagi ilmu public speaking, pengetahuan, keberanian, atau bahkan kebahagiaan juga mental dan moral untuk berfikir phositif melihat dari banyak sudut pandang. Mungkin masih terlalu pagi untuk kami mengajarkan temen-teman yang ada disekolah, makanya kami selalu sebut kegiatan ini sebagai kegiatan berbagi, karena tanpa sadar mereka (siswa-siswi) pun memberi pengetahuan dan pengalaman baru untuk kami.

Semoga dengan Acara Purwata Study Tour ini, kami Para penggiat seni khususnya Stand Up Comedy, bisa membentuk teman-teman yang berani tampil, membangun mental dan moral untuk berani peka akan sekitar, tetap serius dalam bercanda, namun santai dan tenang dalam menghadapi hal-hal yang serius.

Selama masalah bisa dihadapi dengan gelak tawa, kenapa harus dengan emosi dan amarah yang pada akhirnya tak menghasilkan apa-apa.